post image
KOMENTAR
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyatakan penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (El Nino) tidak akan berdampak signifikan di sebagian Sumatera khususnya Sumatera Bagian Tengah.

"Sumatera Bagian Tengah meliputi Provinsi Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara hingga Aceh. Sejumlah daerah ini tidak akan kerkena dampak dari El Nino," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Slamet Riyadi, Minggu (8/9) siang.

Menrut Slamet,  tidak signifikannya dampak El Nino di sejumlah wilayah Sumatera itu disebabkan oleh suhu muka laut di Pantai Barat Sumatera yang cenderung hangat.

Selain itu, lanjut dia, pola angin yang memang bergerak dari barat hingga membawa uap air yang cukup banyak untuk menimbulkan hujan di sejumlah wilayah di Sumatera.

"Kami prediksi hujan masih akan terjadi di sejumlah wilayah Sumatera tersebut," kata dia.

Sebelumnya pihak BMKG Pusat menyampaikan hasil pantauan bahwa El Nino akan terjadi Indonesia pada 2015 dan akan terus menguat mencapai puncak pada dua bulan ke depan. Itu yang menyebabkan keramau akan lebih panjang. [hta]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa