post image
KOMENTAR
Mantan walikota Medan, Dzulmi Eldin menyampaikan keinginannya agar Kota Medan tumbuh menjadi Smart City (kota cerdas) melalui penempatan fasilitas internet pada titik-titik yang mudah diakses masyarakat.

Keinginan ini disampaikannya selaku tokoh masyarakat yang dihunjuk menjadi  menjadi Inspektur Upacara di SMU N 1 Medan sekaligus meresmikan Digital Corner Loop di sekolah yang terletak di Jalan Cik Di Tiro tersebut.

Ia berharap, pionir dalam program Medan Smart City dengan internet sehat tersebut dipelopori oleh generasi muda di Kota Medan seperti kalangan pelajar.

"Kalangan pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus menjadi sosok-sosok intelektual dengan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai sarana untuk mengikuti perkembangan dunia," katanya, Senin (24/8).

Eldin menjelaskan, Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia dan menjadi yang terbesar di Pulau Sumatera. Dengan berbagai kompleksitas persoalan yang ada, kehadiran kalangan intelektual yang melek teknologi  menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Medan. Untuk itu, ia mengajak kalangan pelajar menjadikan Medan menjadi rumah untuk meningkatkan kreatifitas yang akan memajukan kesejahteraan bersama dan juga menjadi kota yang religius.

"Kalianlah yang harus merawat Medan sebagai rumah kita. Medan rumah kita harus dimaknai untuk menjaga keharmonisan diantara sesama, gunakan teknologi untuk kebaikan bersama," ungkapnya.

Penempatan fasilitas internet menurutnya tidak hanya menjadi kebutuhan pada lingkungan-lingkungan sekolah, melainkan juga menjadi fasilitas yang harus tersedia pada taman-taman kota sebagai tempat rekreasi masyarakat. Dalam hal ini, Eldin menyebutkan jajaran pemerintah harus mampu menggandeng seluruh pihak terkait untuk mewujudkan ketersediaan fasilitas ini pada taman-taman kota tersebut.

"Masyarakat kota Medan harus melek teknologi internet, karena melalui fasilitas ini kita bisa berinovasi dan bisa melihat perkembangan dari seluruh dunia," ujarnya.

Program Medan Smart City sendiri menurut Eldin sudah mulai digagasnya saat masih masih menjabat Walikota Medan beberapa waktu lalu. Ia berharap program ini akan kembali bisa diselesaikannya oleh pemimpin di Kota Medan pada periode berikutnya.

"Saya berharap program seperti ini bisa dilanjutkan oleh pemimpin Kota Medan dimasa berikutnya," pungkasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa