post image
KOMENTAR
Puluhan mobil jenis minibus yang pengadaannya dilakukan untuk mensukseskan program Layanan Internet Kecamatan di Sumatera Utara kini teronggok di salah satu komplek perumaha di Kecamatan Medan Johor. Mobil berlogo Dinas Kominfo Sumatera Utara berjumlah 61 unit tersebut terlihat tidak terawat dan hanya diparkirkan di ruang terbuka sehingga mulai mengalami kerusakan.

Informasi ini membuat pihak Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara tertarik untuk mengecek kebenarannya pada Rabu (17/2) sore. Hasilnya Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar yang turun bersama tiga rekannya dan sejumlah wartawan dari media cetak, elektronik serta online benar-benar menemukan puluhan mobil berwarna biru tersebut.

"Kita heran mengapa mobil-mobil ini terparkirkan di salah satu perumahan kawasan Medan Johor. Kita akan telusuri untuk mengumpulkan informasi terkait tak difungsikannya mobil-mobil yang diperuntukan bagi kecamatan, agar masyarakat paham dengan internet. kalau tidak salah pengadaannya ini dari APBN masa Kemenkominfo Tifatul Sembiring," ucapnya.

Untuk memperoleh informasi terkait keberadaan mobil tersebut, maka tim Ombudsman mencoba meminta keterangan dari petugas keamanan perumahan tersebut. Noto, yang mengaku petugas keamanan perumahan tersebut menjelaskan, baru bertugas di perumahan dan tidak mengetahui perihal mobil-mobil tersebut.

"Saya baru sebulan tugas. Hanya tahu mobil-mobil ini numpang parkir. Sekitar 61 unit," ucapnya sambil menunjukan buku catatan plat mobil tersebut.

Berdasarkan informasinya mobil-mobil berlogokan Dinas Kominfo adalah milik PT Wira Eka Bakti (WEB) yang ditarik perusahaan dari Dinas Kominfo Sumut. Oleh petugas keamanan disambungkan via seluler untuk memperoleh penjelasakan konfirmasi kepada pihak perwakilan PT WEB yang mengaku bernama Endrowo. Kepada Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar diakui, mobil tersebut 100% milik PT WEB.

Untuk lebih jelasnya lagi, Ombudsman diminta mencari informasi ke Dinas Kominfo Sumut, agar ada perimbangan jika diberitakan ke publik.

Sementara itu, wartawan yang mencoba mengkonfirmasikan informasi teronggoknya puluhan unit mobil berlogokan Dinas Kominfo kepada Jumsadi selaku Kepala Dinas Kominfo Sumut, mengakui mobil-mobil tersebut telah dikembalikan ke PT WEB.

Dalam isi SMS-nya, Jumsadi menjawab lagi, "Itu punya BP3TI kemkominfo..katanya ada dIPA nya gak cair.. Gak tau masalah sebenarnya," balasnya dari nomor handphone pribadinya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa