post image
KOMENTAR
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyiapkan sekitar 500 buah kacamata dan 10 teleskop untuk menyaksikan gerhana matahari yang dijadwalkan akan terjadi pada RAbu (9/3). Selain menyiapkan kacamata, pihak UMSU juga menyediakan gedung pada lantai 7 Gedung Pasca Sarjana yang terletak di Jalan Panglima Denai, Medan Denai.

Rektor UMSU, Dr Agussan i mengatakan penyediaan kacamata dan teleskop ini menjadi upaya mereka untuk memfasilitasi warga yang ingin menyaksikan langsung gerhana matahari yang akan berlangsung.

"Persiapan sudah kita lakukan jauh-jauh hari. Jadi tanggal sembilan nanti, gedung ini sudah kita buka jam enam," kata Agussani, Senin (7/3).
 
Agussani menjelaskan, sejauh ini antusias masyarakat untuk bisa melihat gerhana matahari sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya warga yang menginginkan kacamata khusus tersebut.

"Kacamata bisa saja ditambah. Karena memang kita buata kegiatan ini atas permintaan masyarakat. Mereka minta UMSU bikin kegiatan biar masyarakat bisa melihat gerhana," tandasnya.

Medan dijadwalkan akan mengalami gerhana matahari sebagian pada 9 Maret nanti. Diperkirakan gerhana akan terjadi pukul 06.27 WIB hingga pukul pukul 08.27 WIB. Namun puncak gerhana parsial 77 persen ini diperkirakan terjadi pukul 07.22 WIB dengan durasi tiga menit.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa