post image
KOMENTAR
Tokoh muda Sumatera Utara Effendi Syahputra sangat terpukul dan mengutuk keras atas insiden pembunuhan yang dilakukan seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terhadap dosennya sendiri kemarin (Senin, 2/5).

Yang membuat dia semakin miris, waktu pembunuhan Nurain Lubis oleh Roymardo Sah Siregar tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

"Hardiknas tahun ini kita 'dihadiahi' kabar duka yang sangat mendalam dengan perbuatan yang tidak manusiawi dari salah seorang mahasiswa terhadap gurunya sendiri. Kami tentu sangat miris dan berduka dengan kejadian ini, dan ini tentu menjadi duka bagi dunia pendidikan Indonesia secara nasional," jelas Effendi.

Menurutnya, mahasiswa seharusnya mengedepankan nilai intelektualitas dan pengendalian diri yang lebih tinggi. Bukan malah menggunakan kekerasan. Sehingga hanya karena emosi sesaat tega merenggut nyawa guru yang merupakan orang tua kita di luar rumah.

"Untuk keluarga yang ditinggalkan kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Guru kita tersebut ditempatkan di sisi Allah Swt," ungkap pengacara muda ini.

Dia mengatakan, perlu penyelidikan yang mendalam untuk mengungkap faktor yang melatarbelakangi aksi membunuh dosen tersebut.

"Dari kasus ini bisa menjadi satu temuan antisipatif agar tidak muncul lagi kasus-kasus yang mencoreng dunia pendidikan kita di Tanah Air. Kita menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib untuk menuntaskan kasus ini secara profesional dan transparan," ucap Effendi.

Terkait kasus itu, Ketua Umum DPP Pemuda Perindo ini juga berharap media tidak membuat berita-berita bersifat provokatif yang dikhawatirkan dapat membawa efek negatif, seperti mulai merebak belakangan ini.

"(Media) Mulailah mendiskusikan hal-hal yang lebih substantif mengenai kejadian ini dalam kerangka ilmu pengetahuan seperti bidang psikologi, bidang hukum dan lainnya, yang berfungsi sebagai alat, tindakan preventif, dan pencegahan (agar tak terjadi lagi) d ikemudian hari," tandasnya.[rgu/rmol]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa