post image
KOMENTAR
Sebanyak empat juta jiwa orang miskin di Indonesia saat ini masih didominasi masyarakat kecil di daerah pedesaan. Rata-rata penduduk miskin bekerja sebagai petani dan buruh kasar.

"Rata-rata yang miskin itu petani. Mereka yang tinggal di daerah pedesaan," kata Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher di Jakarta, Minggu (30/10).

Dia menjelaskan, tingginya angka kemiskinan di tingkat petani lebih dikarenakaan produktivitas di sektor pertanian yang masih belum maksimal. Ditambah, kisaran harga pangan yang masih belum berpihak kepada para petani kecil.

"Produktivitas sektor pertanian sebenarnya menjadi kuncinya dan penentuan harga pangan di pasar," papar Ali.

Kehadiran nyata pemerintah diperlukan untuk mengembalikan semangat masyarakat yang saat ini terpuruk dengan penghasilan tidak memadai, khususnya dalam memberikan santunan. Sambil terus mengupayakan peningkatan produktivitas sektor pertanian atau sektor lain yang langsung bersentuhan dengan masyarakat pedesaan.

"Sebenarnya pemerintah harus memberikan suntikan dana kepada mereka. Sehingga, dengan modal yang ada mereka bisa kembali memperbaiki hidup dengan kembali berusaha," jelas Ali.[rgu/rmo]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa