post image
KOMENTAR
Desakan agar Erupsi Sinabung ditetapkan sebagai bencana nasional kembali muncul seiring meningkatnya status gunung tersebut dari Siaga menjadi Awas yang ditetapkan oleh PVMBG. Peningkatan status ini membuat pihak BNPB merekomendasikan pengosongan desa-desa yang terletak pada radius 7 km dari Gunung tersebut. Praktis kondisi ini kembali membuat ribuan warga terpaksa mengungsi ke beberapa posko pengungsian yang tersebar di Kota Kabanjahe dan Berastagi.

Kader PKPI yang juga mantan relawan pada Jokowi saat nyalon presiden, Camellia Panduwinata Lubis mengatakan status bencana nasional tersebut harus segera ditetapkan agar penanganan pengungsi semakin baik karena langsung ditanggung dengan dana dari pusat.

"Pak Jokowi harus tanggap, ini sudah lama berlangsung dan menimbulkan penderitaan bagi warga Karo," katanya, Kamis (4/6/2015).

Dalam waktu dekat, bakal calon Walikota Medan 2015 usungan PKPI ini mengatakan ia dan timnya akan terus membangun dukungan dan menyuarakan hal ini hingga ke Jakarta agar tuntutan tersebut sampai kepada presiden.

"Kita akan galang dukungan sosial terutama melalui media sosial agar desakan tersebut segera direalisasikan oleh Presiden Jokowi," ungkapnya.

Diketahui Ribuan warga yang menghuni desa-desa pada radius 7 km dari Sinabung dievakuasi ke posko-posko pengungsian. Hal ini untuk menghindari munculnya korban jiwa seiring peningkatan status gunung tersebut yang saat ini berstatus awas.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa