post image
Internet
KOMENTAR
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara melakukan tes urin terhadap para pilot di Bandara Kuala Namu Internasional (KNIA), Selasa (29/12). Razia ini dilakukan seiring padatnya jadwal penerbangan pada mudik natal dan tahun baru 2016.

Humas BNNP Sumatera Utara, AKBP Saudara Sinuhaji mengatakan, tes urin ini menjadi bagian dari upaya mereka untuk menekan peredaran narkoba terhadap seluruh lapisan masyarakat. Tidak tertutup kemungkinan kalangan Pilot juga menjadi korban dari peredaran narkoba tersebut.

"Kita mau melihat apakah mereka benar-benar bersih dari pengaruh narkoba," katanya sesaat lalu.

Untuk melakukan pemeriksaan urin para pilot tersebut, pihan BNNP Sumut menurut Sinuhaji sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak perusahaan maskapai penerbangan dan otoritas bandara. Hasil dari tes urin tersebut akan menentukan tindakan yang akan mereka lakukan terhadap para pilot terutama jika positif menggunakan narkoba.

"Kalau negatif ya tentu tidak ada tindakan yang diambil, namun jika terbukti maka akan kita assesment untuk menentukan tindakan apakah rawat jalan, rawat inap atau rehabilitasi," ungkapnya.

Selain akan menjalani proses assesment di BNNP Sumut, pilot yang terbukti positif menggunakan narkoba juga menurutnya akan direkomendasikan untuk tidak terbang agar tidak mengancam keselamatan penumpang.

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak bandara untuk tidak mengizinkan pilot yang positif menerbangkan pesawat," demikian Sinuhaji.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa