post image
KOMENTAR
Personil dari Batalyon Arhanudse 11/BS berhasil menghalau serangan yang dilancarkan oleh satu uni pesawat tempur F16 di langit Kota Binjai. Dengan menggunakan persenjataan lengkap serta peralatan tempur lainnya, para prajurit dengan sigap melakukan serangkaian upaya untuk mengatasi serangan yang muncul secara tiba-tiba tersebut.

Pertempuran ini, merupakan bagian dari simulasi serangan udara yang di hadapi oleh Yon Arhanudse 11/BS.

Komandan batalyon arhanudse 11/BS, Letkol Arh Hermawansyah mengatakan latihan tersebut menjadi bagian dari upaya mereka untuk terus mengasah kemampuan prajurit dalam mengatasi serangan udara.

"Benar, kita lagi melakukan pelatihan terhadap personel arhanudse, ada 1 baterai yang kita ikutkan dalam pelatihan ini," katanya kepada medanbagus.com, di Markas Komando  Yon Arhanudse 11/BS, Jalan Bejo Muna, Kelurahan Dataran Tinggi, Binjai Timur, Jumat (22/4).

"Apabila ada serangan dari udara, kesatuan radar me informasikan kosek, lalu kosek menginformasikan ke kesatuan unsur hanud yang berada di kosek tersebut," ujar Hermawansyah merinci.

Data yang disampaikannya, Panglima Kohanudnas, Marsekal Muda TNI Abdul Muis, selaku Direktur Latihan Perkasa C, membuka Latihan Perkasa C TA. 2016, di ruang Yudha Popunas Kohanudnas Jakarta, Rabu (20/4).

Pembukaan Latihan Perkasa C ini dihadiri Kas Kohanudnas, Marsma TNI Supriharsanto, para Asisten Kohanudnas, serta diikuti para pelaku melalui video conference, diantaranya SOC Kosekhanudnas III Medan, Posko Tempur Sergap Lanud Soewondo Medan, Posko Bulsi Lanud SIM Banda Aceh, Posko Hanud Pasif PT. Inalum Asahan Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Panglima Kohanudnas, Marsma TNI Abdul Muis mengatakan, latihan perkasa di selenggarakan oleh Kohanudnas.

"Latihan Perkasa, merupakan latihan pertahanan udara yang diselenggarakan oleh Kohanudnas, untuk menghadapi ancaman nyata di wilayah tanggung jawab tiap Kosekhanudnas, melalui uji kesiapsiagaan Kosekhanudnas, serta jajarannya dan uji aplikasi piranti lunak dalam menghadapi kontijensi dengan mewujudkan sistem pertahanan udara yang handal," urainya.

Latihan Perkasa C yang dilaksanakan mulai tanggal 20-24 April 2016 ini, diselenggarakan di wilayah Kosekhanudnas III Medan dengan tujuan meningkatkan kesiapsiagaan Kosekhanudnas III beserta unsur operasional jajarannya dalam menghadapi kontijensi di wilayah masing-masing.

"Selain itu, untuk meningkatkan sistem penangkalan serta penindakan di wilayah udara tanggung jawab Kosekhanudnas III", tegasnya.

Latihan Perkasa C TA. 2016 ini, melibatkan satu flight pesawat Tempur Sergap F-16 Skadron Udara 16 RSN, satuflight pesawat  Hawk 109/209 Skadron Udara 1, Helly NAS 332 Super Puma, pesawat Boeing 737 Skadron Udara 5, Popunas, Posekhanudnas III, MCC Kualanamu Medan, KRI Franskaisefo, Yon Arhanudse 11 Kodam I Bukit Barisan, Satrad 231 Lhokseumawe, Satrad 232 Dumai dan Satrad 233 Sibolga.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa