post image
KOMENTAR
Pemerintah Kota Binjai menyediakan bus dan obat-obatan bagi jamaah haji Binjai untuk berziarah di Madinah dan Makkah. Hal itu dikemukakan Wali Kota Binjai HM Idaham, saat membuka manasik haji akbar, Selasa (2/8), di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran Binjai.

Dalam acara tersebut, sekaligus dilakukan tepung tawar bagi 193 calon jamaah haji asal kota Binjai.

"Fasilitas bus dan obat dikordinir TPHD kota Binjai Jafar Sidiq, dan TPHD Provinsi Sumut, M Nasir Tanjung," tegasnya.

"Calon jamaah haji asal Binjai agar selalu menjaga kekompakan dan memprioritaskan kesehatan,sehingga dapat menunaikan ibadah haji secara penuh," sambung HM Idaham.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai Al Ahyu, melaporkan pelaksanaan manasik haji akbar merupakan lanjutan manasik di kecamatan yang dilakukan secara gratis.

"Manasik haji akbar merupakan lanjutan manasik di kecamatan," pungkasnya.

Manasik haji akbar berguna untuk memantapkan pelaksanaan ibadah, serta memberikan informasi kepada calon jamaah haji.

Calon jamaah haji Binjai berjumlah 193 orang, yang terdiri dari Kecamatan Binjai Utara 75 jamaah, Binjai Selatan 37 jamaah, Binjai Timur 32 jamaah,Binjai Kota 31 jamaah dan Binjai Barat 18 jamaah.

Jamaah haji Binjai rencananya akan bergabung dengan Kabupaten Batubara dengan jumlah 101 jamaah, dan Tebing Tinggi sejumlah 92 jamaah.

Sementara itu, calon jamaah haji Binjai akan memasuki asrama haji medan, Selasa (16/8) pukul 08.00 wib, dan akan berangkat,Rabu( 17/8) pada pukul 05.30 wib.

Rencananya para calon jemaah haji asal Binjai, akan tiba di Madinah pada pukul 09.30 Waktu Arab Saudi ( WAS), dan akan kembali ke tanah air 25 September 2016 dari Jedah pukul 11.20 WAS dan diperhitungkan tiba di Bandara Kuala Namu pukul 22.55 wib.

Al Ahyu menjelaskan, jamaah haji Indonesia memperoleh konsumsi di Madinah dan Makkah dua kali ditambah sarapan pagi.

"Di Armina konsumsi diberikan tiga kali. Sedangkan pemondokan di Madinah di Hotel Mohamadia Al Zahra yang berada di wilayah Markaziah Janubiah, sedangkan di Makkah  hotel Al Tayser Tower  wilayah Jarwal yang berjarak 1 km dari masjidil Haram," ungkapnya.

 Ka Kemenag Binjai menyebutkan, ketua kloter H Ahmad Sofyan dari Batubara, TPIHI Armaya Azmi dari Binjai, TKHI dokter juga dari Binjai Dirkamsyah. Dan ditambah TPHD Provsu M. Nasir Tanjung juga dari Binjai dan TPHD Jafar Sidiq yang juga Sekum MUI Kota Binjai.

Penepung tawaran dan pembukaan manasik haji akbar di Pendopo Umar Baki dihadiri  Ketua MUI Binjai M. Jamil, Mewakili Ketua DPRD, Dandim 0203/ Langkat, Kapolres Binjai serta pengurus KBIH se kota Binjai.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa